Langsung ke konten utama

Banjarmasin-Palangkaraya Via Jalan Pintas

Setelah 4 hari di Banjarmasin, menelusuri jalur-jalur tepi sungai, mengunjungi makam-makam wali Allah dari mulai Abah Guru Zuhdi sampai ke komplek pemakaman kesultanan Banjar, juga dengan bahagia saya dapat menyaksikan langsung bagaimana orang-orang berjualan diatas sampan atau  yang biasa di sebut sebagai pasar apung, tepatnya yang saya kunjungi berada di desa Lokbaintan, sekitar 15 km dari kota Banjarmasin, yang memberatkan saya untuk ke situ bukanlah jarak, melainkan harus bangun pagi. Karena pasar apung mulai beroprasi sekitar pukul 05:00 sampai jam 8 saja.

Hari senin tanggal 09 Agustus pukul 08:00 saya di lepas oleh kawan-kawan dari komunitas sepeda tua indonesia (KOSTI) sampai keluar dari  kota Banjarmasin tepatnya di jembatan sungai Barito, kemudian saya melanjutkan perjalanan seorang diri menuju Palangkaraya yang di perkirakan 2 hari kemudian saya baru sampai di sana. Suhu di  kalimantan sangat panas sekali, bahkan kalau siang hari bisa mencapai 35 derajat celcius, sangat melelahkan sekali untuk orang yang mengendarai sepeda seperti saya. tepat pukul  11:30 sampai di perbatasan Kalimantan selatan dengan Kalimantan tengah, tepatnya di  kabupaten Kapuas dengan suhu yang masih sama dengan sebelumnya.

Hingga tiba di surau kecil pinggir  jalan trans Kalimantan itu, seperti biasa di jam segitu saya merebahkan badan dan kemudian mandi untuk melakukan sholat dzuhur beserta ashar, selama saya di jalan saya selalu melakukan sholat jamak dan qoshor karena saya merasa saya adalah mahluk yang lemah dan tidak mungkin menolak kelonggaran yang telah Tuhan berikan.

setelah beristirahat cukup lama hampir 2 jam saya melanjutkan perjalanan kembali, jalan sudah menunjukan suasana kota yang akan mulai habis dan di gantikan oleh savana rumput yang sangat hijau terpampang plang peringatan daerah rawan kebakaran.

Di perempatan kedua setelah melewati kota Kapuas saya di tegur oleh bapak-bapak yang membonceng anaknya, lalu bapak itu bilang "mau ke Palangkaraya ya mas..?" lalu saya jawab iya, kemudian bapak itu menunjukan jalan pintas menuju Palangkaraya dengan memberi tahu nama pelabuhan untuk menyebrang sungai Kapuas agar tidak muter lewat jembatan, yang di perkirakan menghemat jarak sekitar 40 km, sangat lumayan sekali bagi pengendara  sepeda seperti saya.

Setelah menyebrangi sungai Kapuas dengan ferry yang tarif nya sangat murah, cukup merogo kocek 2.000 rupiah saya bisa menghemat jarak 40 km. ternyata seberang sungai itu sudah memasuki kabupaten Pulang Pisau, tepat memasuki kota Pulang Pisau pukul 15:00 dan mulai  memantau sekitar  untuk mencari tempat menginap, tepat pukul 16:45 saya berhenti di warung pinggir jalan, makan nasi  sayur asam dan ikan air tawar yang merupakan makanan khas dari daerah tersebut. sambil memantau watsapp. Tiba-tiba hand phone berdering tepat pukul 17:00. Kabar gembira dari kawan di Palangkaraya bahwa saya diarahkan untuk menuju Polres dan bermalam disana, karena ada relasi untuk menginap di  Polres akhirnya saya bergegas kesana tanpa pikir dua kali.

Singkat cerita saya tibalah di Polres Pulang pisau tepat Adzan Maghrib berkumandang, sedikit di interogasi di gerbang utama. Tapi karena saya ke situ berdasarkan kawan dari Palangkaraya yang kebetulan juga anggota jadi saya tidak harus berdebat cukup lama di gerbang itu, langsung petugas menunjukan rest area yang di sampingnya ialah masjid Polres. Malam berlalu begitu saja, udara yang cukup dingin,suasana jalanan yang mulai sepi dan petugas jaga terlelap dalam mimpi.

Adzan subuh berkumandang saya terbangun, rupanya semalam tidur tidak begitu nyenyak, suara dan gigitan nyamuk kerap membangunkan saya saat tidur, saya langsung bergegas ke kamar mandi menyiram seluruh tubuh dengan harapan akan lebih segar, dan bergegas menuju masjid yang sudah berkumandang kan ikomah, jamaah yang lumayan banyak untuk sholat subuh, alhamdulillah.

Setelah subuh waktu masih terlalu gelap untuk melanjutkan perjalanan, sambil berkemas menuggu cuaca agak terang, di temani ngobrol dengan salah satu anggota tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 06:00, dan saya pamit untuk melanjutkan perjalanan ke Palangkaraya yang jaraknya kurang lebih masih mencapai 140 Km lagi.

Mengayuh kembali menyusuri trans Kalimantan yang ujungnya masih sangat jauh sekali, sambil tengok kiri kanan yang sekiranya ada penjual sarapan. Karena di perjalanan kali ini saya lebih banyak membeli makanan dari pada masak di jalan, karena mengingat masa covid yang tak kunjung usai di tambah perjalanan kali ini juga tepat pada waktu PPKM level 02, dengan bertujuan membantu pemasukan masyarakat sekitar saya lebih sering membeli jajan atau istilah orang jawa (nglarisi) penjualnya.

Singkat cerita, kenapa singkat karena begitu panjang tulisan ini kalau tidak di singkat. Tepat matahari diatas kepala, saya memasuki jembatan Kahayan yang menurut cerita masyarakat setempat jaraknya mencapai 10 Km tanpa tempat berteduh dan warung, hanya ada penjual cilok dan minuman dingin saja, dan jembatan itu pula yang menandakan bahwa kita sudah memasuki wilayah kabupaten Palangkaraya.
Kurang lebih hampir satu jam saya melewati jembatan tersebut dengan suhu yang mencapai 38 derajat celcius jadi cukup memakan waktu lama untuk jarak 10 Km saja yang biasanya di tempuh paling lambat 30 menit.

Bahagia hati ini ketika sudah melihat plang selamat datang di kota Palangkaraya, walaupun titik finish masih ribuan kilometer lagi, tapi saya cukup puas dengan perjalanan selama dua hari menempuh 250 Km dan cuaca yang tidak stabil kadang hujan dan tiba-tiba panas. Memasuki kota Palangkaraya teman-teman komunitas sepeda setempat sudah menyambut kedatangan saya dengan hangat, diajak makan kuliner khas Palangkaraya dan menikmati wisata kota di Palangkaraya, saya merasa hutang budi sekali kepada semua kawan-kawan yang telah menyempatkan waktu dan tenaganya untuk memantau saya selama di perjalanan dari Banjarmasin menuju Palangkaraya, banyak wajah-wajah baru yang saya temui di 250 Km pertama pulau Kalimantan, kemudian saya berdiam diri di Palangkaraya selama 4 hari karena menunggu jadwal KRS dari kampus untuk melanjutkan semester berikutnya. Sekian dulu ya kawan-kawan cerita perjalanan ini, yang mana akan di lanjut beberapa episode selanjutnya, Maturnuwun, Terimakasih.

Postingan populer dari blog ini

Pakai Rompi Safety dikira Tukang Parkir

Kini bersepeda tidak seperti dahulu sebelum banyaknya kendaraan bermotor, pesepeda kini harus lebih mengantisipasi terjadinya kecelakaan karena ulah para pengendara bermotor yg tidak banyak memberi jalan kepada pesepeda. Namun, selain itu pesepeda juga harus safety dan bagaimanapun caranya ketika kita bersepeda bisa diketahui oleh pengendara lain, salah satunya ialah memakai rompi safety. Saya memiliki pengalaman menarik terhadap rompi safety yang biasa dipakai para pesepeda, cerita ini saya alami ketika sepulang dari mataram lombok menuju jogjakarta. Seperti biasanya saya memilih istirahat di mini market untuk sekedar ngadem ataupun membeli minuman. Nah ketika itu saya istirahat di sebuah mini market di daerah karanganyar solo. Karena waktu sudah maghrib akhirnya saya memilih ngerest lebih lama di mini market itu sambil menikmati minuman dan beberapa cemilan tak lupa selinting tembakau di tangan. Orang berlalu lalang sambil memandang sepedaku yang mungkin terlihat sedikit sa

Bersepeda Membelah Hutan Baluran

Bagi siapapun yang akan bepergian jauh khususnya kearah timur pulau Jawa pasti akan melewati Taman Nasional Baluran jika kita memilih jalur utara atau pantura. Namun, momen ini akan berbeda ketika kita menjalaninya dengan bersepeda, dengan bersepeda kita akan lebih dekat dengan flora dan fauna yang ada di taman nasional baluran yang terletak di kabupaten situbondo. Di sini saya akan menceritakan perjalanan saat melintasi taman nasional baluran menggunakan sepeda ontel bersama kawan saya fasha. Kami berdua start dari rumah bapak Ibturi yang terletak kurang lebih 100m sebelum alas baluran, bapak ibturi adalah salah satu pegiat sepeda ontel di kabupaten situbondo. Kami mulai start jam 07:00 melintasi taman nasional baluran, di sepanjang jalan kami hanya di temani oleh sekelompok monyet-monyet kecil yang sedang mencari makan di pinggir jalan, biasanya banyak pejalan raya yang mengasih beberapa kacang dan makanan lainnya. Medan jalan yang naik turun lagi-lagi menguras banyak tenaga

Bersepeda Melintasi Waktu

Banyak pertanyaan yang sering saya dapatkan dari beberapa kawan, sejak kapan kamu bersepeda..?, kira-kira begitu pertanyaan-nya. Sudah jelas kita semua pernah mengalami masa kecil yang indah dan selalu bahagia, kecuali yang tidak heuheuheu.... Sama halnya dengan saya, saya bersepeda sejak kecil. Tapi saya memiliki keterlambatan dalam hal belajar sepeda, saat mau masuk Sekolah Dasar saya baru bisa menaiki sepeda roda dua yang sebelumnya menaiki sepeda di bantu dengan roda kecil, di samping kanan dan kiri. Ya sedikit malu tentunya dengan kawan-kawan yang sudah bisa bahkan lihai menaiki sepeda sebelum masuk SD.  Dan banyak juga yang bertanya seperti ini, kenapa sih sampai sekarang masih bersepeda, sedangkan jaman semakin maju dengan teknologi motor dll. Saya kira jawabannya di atas tadi, selain sepeda sebagai alat transportasi ramah lingkungan sepeda juga bisa membawa kita ke masa lalu ketika kita masih banyak menggunakan waktu untuk bermain dan bersenang-senang, kita akan meng